EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Ini Makna Kata “Groundbreaking” Dan “Launching”



MORAL-POLITIK.COM : Dua istilah ini memasyarakat manakala Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Andreas W. Koreh bicara perihal rencana pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah yang dilengkapi dengan turbin listrik energi baru terbarukan berkekuatan di atas 30Megawatt, di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT).
Istilah teknis ke-PU-an itu adalah groundbreaking, dan launching. Istilah dalam Bahasa Inggris ini jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia groundbreaking berarti peletakan batu pertama, sedangkan launching berarti peluncuran.
Menurut wikipedia.org, groundbreaking juga dikenal sebagai pemotongan, tanah-pemotongan, memutar pertama merumput atau upacara tanah-balik, adalah upacara tradisional di banyak budaya yang merayakan hari pertama konstruksi untuk bangunan atau proyek lainnya.
Upacara tersebut sering dihadiri oleh pejabat seperti politisi dan pengusaha. Sekop aktual atau sekop yang digunakan selama terobosan yang sebenarnya sering sekop seremonial khusus dimaksudkan untuk disimpan untuk tampilan berikutnya. Informasi peringatan mungkin kemudian terukir di sekop.
Pada beberapa tempat, pendeta atau pastor juga dapat memberikan berkah, terutama jika bangunan sedang dibangun oleh gereja atau organisasi keagamaan yang berafiliasi.
Sedangkan launching menurut kata-katamutiara.id berarti peresmian beredarnya (buku, film, kaset, dsb) yangg baru terbit, dipasarkan. Misalnya, kamus itu diresmikan oleh menteri.
Arti kata launching dalam bahasa Indonesia adalah meluncurkan.

info lebih lengkap klik link di bawah ini:

by. Max Pedrico

Komentar