EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Warga Kampung Karipi Ngeluh, Embung Tidak Bisa Menampung Air Saat Musim Kering dan Ditutupi Belukar


Embung Karipi yang berlokasi di kampung Karipi desa persiapan Hawurut kecamatan Matawai La Pawu kabupaten Sumba Timur yang dikerjakan oleh pemerintah propinsi NTT itu hanya bisa tertampung air saat musim hujan.
Warga kampung Karipi desa setempat, Dominggus Kopa menyampaikan hal itu ketika ditemui Pos Kupang di lokasi embung, Kamis (2/11/2017).
Kopa mengatakan,  embung tersebut dibangun sekitar tahun 2011 tahun 2012 lalu, namun sejak dibangunya embung itu, embung tersebut tidak bisa menampung air di musim kering.
Embung itu, kata Kopa hanya bisa menampung air di musim hujan, namun itu juga tidak berlansung lama, jika hujan berhenti maka air juga kering dari embung itu.
"Hujan juga harus lebat dan secara terus menerus baru bisa tertampung air kalau hujan lebat juga hanya sehari tidak bisa tertampung air di embung itu", kata Kopa.
Kopa mengatakan, embung dibangun tersebut katanya digunakan untuk pengairan sawah, namun karena embungkering sawah juga ikut kering.
"Katanya bangun embung ini untuk airi persawahan di hilir tetapi selama ini di musim panas maupun musim hujan juga hujanya tidak normal lahan sawah itu kering karena embung ini tidak ada air, lahan sawah tunggu hujan baru kerja",ungkap Kopa.
Sumber:

Komentar