EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Frans Dorong Dinas PUPR NTT Pakai Anggaran Sesuai Kebutuhan



Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya (Frans) mengimbau para pengguna anggaran harus menggunakannya sesuai  dengan kebutuhan.
“Para pengguna anggaran baik di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan maupun desa harus menggunakan anggaran sesuai kebutuhan,” katanya ketika membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program/Kegiatan Bidang Pekerjaan Umum dan Panataan Ruang Tahun 2019 di Hotel Swiss Bellin, Kota Kupang, Senin (12/2/2018), Pukul 15.00 WITA.
Dia mengaku memiliki pengalaman kurang menyenangkan ketika mengunjungi desa-desa di NTT.
Banyak desa di ‘provinsi seribu pulau’ ini, lanjutnya, masih menggunakan anggaran yang disediakan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.
“Saya pernah turun ke sebuah desa dan menemukan kenyataan yang kurang menyenangkan. Pada lorong masuk desa di bangun gapura. Kalau masuk dan melihat-lihat lingkungan desa, saya melihat banyak di bangun parit mengelilingi desa. Saya tanya, bangun parit itu untuk apa? Mereka bilang, supaya banjir jangan masuk ke dalam desa. Memangnya seberapa besar banjir itu?” ceritanya sembari tersenyum.
Pengalaman ini membuat Gubernur NTT dua periode itu prihatin.
“Masih banyak hal lain yang perlu diprioritaskan dalam pembangunan. Untuk apa bangun gapura? Apakah itu menjadi kebutuhan utama,” ucapnya bertanya.
Pengalamannya tak hanya itu. Dia bercerita pernah ke Sumba dan mengunjungi sebuah desa. “Waktu itu di desa tersebut terjadi gagal panen,” kisahnya.
Dia bertemu dengan kepala desa dan bertanya, apakah di desa gagal panen ini tidak menerima bantuan dana desa.
“Katanya mereka menerima sekitar satu miliar lebih,” ungkapnya.
Desa itu, lanjutnya, tak hanya mengalami gagal panen. Kantor desa yang dibangun pun sangat megah.
“Saya katakan, buat apa bangun gedung desa yang megah? Apa mau saingi kantor gubernur? Gunakan dana desa itu hal-hal yang sangat dibutuhkan. Bangunlah sesuatu yang dibutuhkan semua orang. Kalau alami kekeringan dan gagal panen, bangunlah embung, supaya tahun depan tidak alami kekeringan lagi,” pungkasnya.
Sumber:

Komentar