EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

April, Pekerjaan Bendungan Rotiklot Rampung

HAMPIR RAMPUNG. Kondisi fisik bendungan Rotiklot hampir rampung. Hingga Sabtu (3/3) pekerjaan fisik telah mencapai 94 persen. Foto diambil, Sabtu (3/3).

Pembangunan bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi Kecamatan Makuluk Mesak, hingga Sabtu (3/3) progres fisiknya telah mencapai 94 persen dari target 83,09 persen. Dipastikan, bulan April mendatang, pekerjaan fisik proyek telah selesai dikerjakan.
Kepala Proyek PT Nindya Karya (Persero), Achmad Dairobi kepada wartawan di lokasi proyek, Jumat (9/3) menjelaskan, sesuai jadwal pekerjaan bendungan Rotiklot selesai bulan Desember 2018. Namun, pekerjaan dipercepat sehingga dipastikan bulan April mendatang, seluruh pekerjaan telah selesai dikerjakan.
Ia mengaku, mengalami kendala dalam pekerjaan karena sejak bulan Oktober 2017 lalu, hujan sudah turun sehingga menghambat pekerjaan. Akibat hujan yang turun hingga saat ini pihaknya kesulitan mengerjakan pekerjaan mechanical. “Perkiraan kami kalau akhir bulan Maret hujan berhenti, sudah bisa dilakukan pekerjaan mechanical. Saat ini sudah pada finising beberapa bagian,” ungkapnya.
Dikatakan, jika hingga bulan April masih terus hujan, maka pekerjaan akan terhambat pada pekerjaan mechanical di bagian terowongan. “Tidak ada kendala yang berarti. Sejak November sampai Januari terkendala hujan yang tinggi. Beberapa kali terjadi banjir, tapi tidak terjadi kerusakan pada pekerjaan,” akunya.
Ia menjelaskan, manfaat pembangunan bendungan Rotiklot yakni penyediaan air untuk irigasi, suplai air bersih dan pengendalian banjir bagi masyarakat Kabupaten Belu. Sementara tujuan pembangunan bendungan adalah upaya penyediaan air untuk lahan irigasi seluas 139 hektare padi dan 500 hektare palawija, pengendalian banjir daerah hilir kawasan Ainiba serta suplai air baku untuk masyarakat dan pelabuhan Atapupu sebesar 40 liter/detik.
Pembangunan bendungan Rotiklot dikerjakan PT Nindya Karya (Persero) dan PT Universal Suryaprima (KSO) dengan konsultan supervisi PT Indra Karya (Persero), PT Patria Jasa Nusaprakarsa dan PT Agra Pasca Rencana KSO. Sumber dana APBN tahun anggaran 2015-2018 dengan nilai kontrak Rp 470.535.000.000 selama 1.110 hari. (ays)
GRAFIS
Nama sungai                                           : Mota Rotiklot
Panjang sungai                                       : 6,41 km
Luas DAS                                                  : 11,69 km
Tampungan total                                   : 3,30 juta meter kubik
Tampungan normal                              : 2,90 juta meter kubik
Tampungan efektif                                : 2,33 juta meter kubik
Tampungan mati                                  : 0,57 juta meter kubik
Usia guna waduk                                  : 50 tahun
Luas daerah genangan                        : 24,94 hektare
Bendungan utama tipe                        : timbunan zona inti tegak
Elevasi puncak bendungan                : 76,50 meter
Panjang puncak                                    : 10 meter
Lebar puncak                                        : 10 meter
Elevasi dasar sungai                           : 43 meter
Elevasi dasar galian                           : 34 meter
Sumber:

Komentar