EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Bena Nominator Juara Nasional

TERBAIK. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTT Andre Koreh (berdiri) saat memprersentasikan DI Bena di hadapan dewan juri lomba OP Irigasi Teladan Nasional, Kamis (3/5) di Surabaya.

 Daerah Irigasi (DI) Bena di Kabupaten Timor Tengah Selatan menjadi calon juara nasional Lomba/Pemilihan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (Permukaan) Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018.
DI Bena meraih juara pertama dalam presentase pengelolaan OP Irigasi, Kamis (3/5) di Surabaya. Masih ada satu tahapan yakni penilaian lapangan.
Posisi kedua ditempati DI Bila di Sulawesi Selatan. Dan posisi ketiga diraih DI Gumbasa di Sulawesi Tengah. Peserta perlombaan ini adalah DI yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTT Andre Koreh kepada koran ini Minggu kemarin menyampaikan hal tersebut.
Andre Koreh yang mempresentasikan DI Bena kepada dewan juri, Kamis (3/5) di Surabaya.
Selain pengelolaan daerah irigasi, jelas Andre, turut dilombakan pula pengelolaan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air). NTT juga meraih juara tiga yakni P3A Oetaman. Tahun lalu, NTT meraih juara tiga nasional yakni DI Malaka.
“Sebagai kepala dinas yang mempresentasikan materi ini, saya tentu senang. Tapi hal ini bukan sekadar untuk meraih juara tapi demi peningkatan kapasitas semua pengelola operasi dan pemeliharaan daerah irigasi di NTT,” ujar Andre.
Dirinya mengatakan, NTT sudah punya kiblat yaitu DI Malaka. Sekarang DI Bena. Ke depan, DI yang lain akan menyusul.
Di NTT, jelas Andre, ada 26 DI yang menjadi kewenangan pusat dan 46 DI yang menjadi kewenangan provinsi. Semuanya akan dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan irigasi.
Selain itu, juga mengantisipasi tujuh bendungan baru yang segera dibangun dan rampung.
“Sehingga DI percontohan diperlukan agar bendungan yang dibangun bisa benar-benar dikelola dan benar-benar memberi manfaat bagi masyarakat,” kata Andre.
Andre menjelaskan, masih ada penilaian tahap dua yakni visitasi lapangan. Rencananya akan mulai dilakukan pada minggu ketiga Mei ini.
“Beban semakin berat untuk mempertahankan juara satu yang diraih saat presentasi. Karena itu kami akan segera turun untuk melihat hal-hal yang perlu dilengkapi atau dibenahi sebagaimana saran dari tim juri,” jelas Andre. (ito/joo)

Penilaian Tahap I Lomba OP SDA Bidang Irigasi
I. Lomba DI
A. Wil Barat
1. Cihea (Jabar)
2. Boro (Jateng)
3. Sampean baru (Jatim)

B. Wil. Timur
1. Bena (NTT)
2. Bila (Sulsel)
3. Gumbasa (Sulteng)

II. Lomba P3A
A. Wil. Barat
1. Tani Rukun (Jatim)
2. Jati Mulya ( Jateng)
3. Tirta Yasa (Sumut)

B. Wil. Timur
1. Subak Jatiluwih (Bali)
2. Erat Bambang (NTB)
3. Oetaman (NTT)

Sumber:

Komentar