EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

PUPR Lelang Proyek Jalan Hotmix Rp 80 M dan Proyek TA. 2018 yang Sudah Action


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang telah selesai melakukan pelelangan paket proyek infrastruktur jalan dengan konstruksi hotmix tahun 2018.
 Kepala Dinas PUPR Kota Kupang Beny Sain yang diwawancarai Timor Express, Sabtu (5/5), mengatakan, proses pelelangan untuk infrastruktur jalan dengan konstruksi hotmix untuk anggaran murni tahun 2018 sudah selesai.
 “Kemarin kami sudah melakukan rekayasa lapangan, dan pada hari Senin 5 Mei kami lakukan pra konstruksi mitingnya. Sehingga minggu depan sudah bisa dilakukan proses pelaksanaan pekerjaan fisik di lapangan,” kata Beny.
 Beny mengaku, pelaksanaan kegiatan pekerjaan jalan hotmix ini tersebar di enam kecamatan dengan panjang jalan yang akan dikerjakan bervariasi ukuranya.
 “Dengan sudah selesai tahapan pelaksanaan, tentunya dalam pekerjaan kami akan genjot kepada pihak-pihak pemenang, guna pekerjaan bisa dapat terselesaikan secara cepat, dengan tidak mengabaikan kualitas pekerjaan sesuai harapan bersama dan juga sesuai yang diminta Pansus dan juga pendapat fraksi-fraksi di DPRD Kota Kupang,” jelasnya.
 Pelaksanaan pekerjaan infrastruktur jalan hotmix menggunakan anggaran yang telah ditetapkan pada sidang murni sebesar Rp 80 miliar.
 Sementara disinggung soal pelaksanaan kegiatan lain yakni pembangunan gedung dan kantor, Beny mengatakan proses pelelanganya baru dilakukan minggu depan atau minggu kedua bulan Mei.
 “Untuk pembangunan gedung dan kantor tahun 2018 melalui anggaran murni akan dibangun lima kantor lurah dan satu kantor camat,” katanya.
 Sekadar tahu, sesuai rekomendasi Pansus DPRD Kota Kupang terhadap LKPj Wali Kota tahun 2017, untuk Dinas PUPR, yang disampaikan oleh Sekretaris Pansus Yuvensius Tukung bahwa  berkaitan dengan pembangunan infrastruktur jalan konstruksi HRS Base.
Pansus menilai banyak ruas jalan yang dikerjakan dengan mengabaikan kualitas, karena terpaut pada persoalan banyaknya pekerjaan, tapi sumber daya manusianya tidak memenuhi standar kualifikasi. Faktanya bahwa satu direksi bisa menangani 18 paket pekerjaan.
 Sementara itu, Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man mengingatkan akan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan proyek yang sudah selesai dilelang oleh Dinas PUPR, agar dapat ditingkatkan.
 Pasalnya, hasil dan kualitas pekerjaan menjadi tanggung jawab pengawas.
 “Saya ingatkan agar Dinas PUPR untuk berhati-hati agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Sebab pekerjaan jalan tahun yang lalu memperoleh kritikan karena kualitasnya rendah,” kata Hermanus di ruang kerjanya, Senin (6/5).
 Dia mengaku, dalam proses tender pemerintah tidak bisa mengintervensi.
 “Hanya pengawasan pasti selalu dilakukan. Karena suatu proyek ada biaya pengawasannya. Misalnya Rp 1 miliar biaya pengawasannya Rp 30 juta. Nominal itu sudah menjadi patokan,” kata Hermanus.
 “Dulu biaya pengawasannya 3 persen. Tapi sekarang Rp 1 miliar, biaya pengawasan Rp 30 juta. Kalau Rp 10 miliar dikali Rp 30 juta menjadi Rp 300 juta harus ditenderkan. Termasuk bangunan yang ditenderkan, maka pengawasan juga harus ditender. Karena pembayaran apapun harus melalui proses pengawasan. Jika bermasalah pembayaran, nomor satu pengawasan juga harus diperiksa,” lanjut dia.
 Pengawasan yang dimaksud termasuk di dalamnya mutu dan time schedule.
 Sebelumnya, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Kupang Yohanes Hanli Hidayat, mengatakan, ada 80 proyek di Pemkot Kupang tahun anggaran (TA) 2018 telah masuk Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang diinput menggunakan sistem online.
 Dari jumlah tersebut, kata dia, sebanyak 34 proyek sudah dilelang dan dilakukan penandatanganan kontrak dengan total pagu anggaran 149.829.199.100.
 Sementara itu, sebanyak 25 paket proyek sementara dikerjakan dan 9 paket yang tersisa sementara dalam proses lelang. Semua proyek kata Yohanes, ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (mg25/joo)

GRAFIS:
Proyek TA. 2018 yang Sudah Action
(Sampai dengan 30 April 2018)
 RSUD S.K. Lerik

  1. Paket pengadaan bangunan gedung rawat inap kelas I, II dan III dengan pagu Rp 485.000.000 dan pemenang tender PT Siarplan Utama Konsultan.

  1. Paket jasa konsultasi pengawasan pengadaan bangunan gedung instalasi rawat jalan dengan pagu Rp 812.000.000 dan pemenang tender PT Bennatin Surya Cipta.

  1. Paket belanja modal pengadaan bangunan gedung instalasi rawat jalan dengan pagu Rp 41.811.412.700 dan pemenang tender PT Ris Putra Delta.

  1. Paket belanja modal pengadaan bangunan gedung rawat inap kelas I, II dan III dengan pagu sebesar Rp 16.352.723.300 dan pemenang tender PT Gala Karya.


  1. Dinas Kesehatan

  1. Paket jasa konsultansi perencanaan pembangunan Puskesmas Sikumana dengan pagu Rp 96.000.000 dan pemenang tender CV Sains Grup Konsultan.

  1. Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

1.Paket perencanaan teknis penahan tembok penahan kali brojol dengan pagu Rp 150.000.000 dan pemegang tender PT Konindo Pabnorama Konsultan.

  1. Paket perencanaan pembangunan gedung Kantor Camat Alak, Lurah Airnona dan Lurah Alak dengan pagu Rp 150.000.000 untuk dan pemegang tender CV Desakon.

  1. Paket perencanaan pembangunan Taman Tirosa segmen 5 dengan pagu Rp 100.000.000 dan pemegang tender CV Putra Timor.

  1. Paket pengawasan teknis jalan konstruksi HRS Base (DAU) dengan pagu Rp 200.000.000 dan pemegang tender CV Harsun.

  1. Paket pengawasan teknis jalan dengan konstukri HRS (DAK) dengan pagu Rp 200.000.000 dan pemegang tender dari CV Bayu Pratama.

  1. Paket peningkatan jalan dengan konstruksi HRS Base Lokasi Jalan Penkase Oeleta menuju Kelurahan Manulai II dengan pagu Rp 8.945.915.000 dan pemegang tender PT Hutama Mitra Nusantara.

  1. Paket peningkatan jalan konstruksi HRS Base Lokasi Naimata Petuk dengan pagu Rp 7.854.085.000 dan pemegang tender PT Timor Investema.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base Lokasi Jalan S.K Lerik dengan pagu Rp 3.267.525.000 dan pemegang tender PT Padi Jaya Makmur.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base Lokasi Jalan R.A Kartini dengan pagu Rp 5.831.182.000 dan pemegang tender PT Padi Adisti Indah.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base lokasi Jalan Sam Ratulangi dengan pagu Rp 7.261.293.000 dan pemegang tender PT Bumi Indah.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base lokasi Jalan Batu Kristal-Jalan Shoping Center dengan pagu Rp 1.584.129.000 dan pemegang tender PT Sinar Cipta Persada Sejati.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base lokasi Jalan Monginsidi III dengan pagu Rp 3.131.139.000 dan pemegang tender PT Sinar Cipta Persada Sejati.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base lokasi Jalan Suprapto dengan pagu Rp 4.872.670.000 dan pemegang tender PT Dwi Sejati kontraktor.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base lokasi Jalan Robert Wolter Monginsidi dengan pagu Rp 4.492.062.000 dan pemegang tender PT Dwi Sejati Kontraktor.
  2. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base lokasi kawasan Kecamatan Maulafa, Kota Raja, Kota Lama dan Alak, dengan pagu Rp 13.992.000.000 dan pemegang tender PT Usaha Karya Buana.

  1. Paket peningkatan kapasitas jalan konstruksi HRS Base lokasi kawasan Kecamatan Oebobo dan Kelapa Lima dengan pagu Rp 13.350.000.000 dan pemegang tender PT Alamindah Cendana Lestari.

  1. Paket penggantian Jembatan Saba’at dengan pagu Rp 2.550.000.000 dan pemegang tender PT Putra Mandiri Sejahtera.

  1. Paket peningkatan jaringan irigasi D.I Batuplat dengan pagu Rp 827.921.000 dan pemegang tender PT Pancar Surya.

  1. Paket peningkatan jaringan irigasi Amnesi dengan pagu Rp 1.174.079.000 dan pemegang tender CV Karya Elisa.

  1. Dinas Perhubungan
  2. Paket belanja modal pembangunan ATCS dengan pagu Rp 288.313.000 dan pemegang tender CV Kawan Lama Mandiri.

Proyek Dalam Proses Lelang

  1. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pagu Rp 1.200.735.000 untuk paket pembangunan Pasar Alak.
  2. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pagu Rp 1.500.000.000 untuk paket pembangunan Pasar Bimoku.
  3. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pagu Rp 800.000.000 untuk paket pembangunan Pasar Sehat Oebobo.
  4. Dinas Kesehatan, Pagu Rp 3.200.000.000 untuk pembangunan Puskesmas Sikumana.
  5. Dinas Kesehatan, Pagu Rp 300.000.000 untuk pembangunan Puskesmas Pembantu Oebufu.
  6. Dinas Kesehatan, Pagu Rp 1.200.000.000 untuk pembangunan rehabilitasi gedung rawat jalan Puskesmas Bakunase.
  7. Dinas Kesehatan, Pagu Rp 300.000.0000 untuk pembangunan rehabilitasi Gedung Rawat Jalan Puskesmas Oepoi.
  8. Dinas Kesehatan, Pagu Rp 1.425.000.000 untuk rehabilitasi instalasi farmasi.
  9. Dinas Perhubungan untuk belanja jasa konsultasi review dan pengembangan jaringan trayek angkutan perkotaan dengan pagu Rp 79.000.000.

Sumber Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Kupang
Sumber:

Komentar