EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Besok, Petugas OP Irigasi dan Rawa Teladan Nasional Diumumkan

Suasana Lomba Petugas OP Irigasi dan Rawa dalam rangka pemilihan Petugas OP Teladan Tingkat Nasional di Hotel Kristal Kupang, Rabu (18/7/2018).



Tiga hari sudah para petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) Irigasi dan Rawa dri 26 Propinsi NTT bersaing menaklukan hati para juri agar bisa terpilih menjadi petugas OP teladan Nasional.  Siapa yang akan terpilih akan ditentukan besok, Kamis (19/7/2018).
Ketua Dewan Juri untuk perlombaan kategori pengamat Irigasi,  Ir. Djito , Sp1 yang ditemui usai perlombaan Petugas OP Irigsi dan Rawa di Hotel Kristal Kupang, Rabu (18/7/2018), mengatakan,  para pemenang lomba akan diumumkan pada Kamis (19/7/2018).

Ia mengatakan, ada beberapa aspek yang menjadi kriteri penilain. Mulai dari operasi dan pemeliharaan irigasi dan rawa, perencanaan, pelaksanaan dan monitoring, juga syarat administrasi berupa pengisian blanko-blanko operasi sebanyak 12 item. “Semua kita uji di sini.   
Mereka harus menjelaskan satu per satu, tugas pokok seperti apa, inovasi seperti apa. Intinya, dia sanggup menjawab pertanyaan juri.   Ada nilai sendiri. Bagaiimana dia memaparkan materi, informasi seperti apa,  kondisi irigasi lima tahun lalu seperti apa, terus ke depan seperti apa. Setiap sub kerja  dinilai,” kata Ir. Djito . 
Djito mengatakan, semua peserta pada umumnya memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksinya). Meski dari kedalaman pemahaman, katanya berbeda-beda.
“Mungkin karena kondisi setiap daerah berbeda.  Tapi rata-rata mereka tau tupoksi masing-masing. Yang ikut lomba ini yang terbaik setiap propinsi. Paling tidak untuk tahun 2018.  
Ada yang sudah paham hanya  kedalaman berbeda-beda karena setiap daerah berbeda.  Tapi karena dia sudah dikirim dari daerahnya masing-masing berarti dia yang terbaik di daerahnya. Sudah memenangi seleksi tingkat kabupaten,” demikian Djito.
Sementara para peserta terlihat percaya diri di depan dewan juri yang terdiri dri Ir. Djito, Sp1, DR.Ir. Syamsudin, M.E, Rizal Siregar, M.Sc. Mulai dari pemaparan materi yang berkaitan dengan tupoksi sebagai pengamat irigasi hingga menjaawab pertanyaan-pertanyaan dewan juri.  
Dalam perlombaan ini, Propinsi NTT menempatkan satu wakilnya, Mey Muskanan. Mey sekaligus menjadi satu-satunya peserta perempuan dalam perlombaan tersebut.
 Siapa yang terbaik dari semua peserta yang sudah diuji, Djito enggan membeberkanya. Ia mengatakan, masih ada empat peserta yang belum diuji. Namun ia mengatakan, nama-nama pemenang akan ditempatkn di kotak-kotak sesuai perengkingan yang akan dibuka pada Kamis siang.

Sumber:

Komentar