EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Pekerjaan Lanjutan Jalan 9 Km di Lintas Utara Mulai Dilakukan

ruas jalan lintas utara Flores dari arah Labuan Bajo. Difoto beberapa waktu lalu

Pekerjaan lanjutan ruas jalan lintas utara Pulau Flores dari arah Labuan Bajo sepanjang 9 kilometer sudah mulai dilakukan.
Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK) ruas jalan nasional Labuan Bajo, Yosua B Anarato, mengatakan pekerjaan yang dilakukan itu masih bersifat pekerjaan minor.
"Sudah sejak sekitar dua minggu lalu pekerjaan minor telah dilakukan, seperti agregat, saluran dan beberapa pekerjaan kecil yang lainnya," kata Yosua, Rabu (11/7/2018).

Dia menambahkan semua persiapan berkaitan dengan pekerjaan hotmiks sudah dilakukan.
Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sudah mengumumkan pemenang tender yang akan mengaspal ruas jalan nasional Pantai Utara (Pantura) Flores dari arah Labuan Bajo.
Pengerjaan ruas jalan itu menggunakan aspal yang dicampur dengan sampah plastik kresek.
"Total panjang ruas jalan yang diaspal untuk kali ini, yaitu sembilan kilo meter. Mulai dari Bukit Wae Cecu Labuan Bajo. Pemenang tendernya sudah diumumkan," kata Yosua.
Untuk diketahui, sesuai dengan perhitungan dari pihak PPK ruas jalan nasional Labuan Bajo, 5 ton plastik kresek mampu digunakan untuk aspal jalan sejauh 3 kilo meter.
"Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyiapkan lima ton plastik kresek untuk pengaspalan jalan itu. Sesuai dengan perhitungan yang kami lakukan, lima ton plastik itu mampu digunakan untuk aspal jalan sejauh tiga kilo meter," kata Yosua.
Menurutnya, bila pemerintah setempat bisa menyiapkan lebih banyak lagi sampah plastik kresek, maka lebih panjang lagi ruas jalan yang dikerjakan menggunakan campuran aspal dan plastik.
Namun bila tidak maka hanya tiga kilo meter saja yang menggunakan aspal campur plastik. Sedangkan selebihnya akan dikerjakan menggunakan aspal biasa.

Sumber:


Komentar