EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Jalan ke Biuduk Foho Sudah Mulus

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran bersama pimpinan OPD saat memantau kondisi jalan Biudukfoho yang baru selesai dikerjakan, Rabu (3/10/2018)



Masyarakat Biudukfoho, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka merasa bersyukur karena infrastruktur jalan ke wilayah itu sudah mulus.
Mereka baru menikmati jalan hotmiks tahun 2017 saat Pemerintah Kabupaten Malaka dibawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran memberikan perhatian besar untuk membangun jalan ke wilayah tersebut.

Mantan Camat Rinhat, Albertus Bria kepada Pos Kupang.Com mengatakan, sebelum jalan tersebut dihotmiks, akses transportasi ke Biudukfoho sangat sulit karena kondisi jalan rusak berat. Perhatian pemerintah semenjak masih Kabupaten Belu sangat minim untuk wilayah ini.

Namun setelah pemekaran kabupaten, Pemerintah Kabupaten Malaka dibawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran memberikan perhatian yang sangat besar. Buktinya ruas jalan yang panjangnya hampir puluhan kilometer itu sudah dihotmiks.
Kini akses transportasi dari kampung ke kampung dan ke ibukota kabupaten atau sebaliknya sudah sangat lancar. Dulu perjalanan dari Biudukfoho yang memakan waktu dua sampai tiga jam ke Betun, kini hanya ditempuh sekitar 45 menit.
Dari pantuan, Rabu (3/10/2018), terlihat ruas jalan simpang Weliman-Biudukfoho ini sudah dihotmiks. Memang beberapa kilometer masih dalam pengerjaan seperti di wilayah Desa Wekmidar. Diperkirakan pekerjaan jalan ini tuntas di tahun 2018.
Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran bersama pimpinan OPD sempat meninjau ruas jalan yang sudah dikerjakan itu dengan kondisi jalan hotmiks. Bupati Stef tampaknya tidak banyak berkata-kata. Ia hanya mengatakan kepada para pimpinan OPD bahwa tidak ada yang bermimpi kalau jalan ke wilayah itu bisa mulus seperti saat ini.
Kondisi jalan yang mulus itu mau menggambarkan sikap seorang pemimpin yang peka terhadap kebutuhan masyarakat.
Data yang diperoleh Pos Kupang.Com dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka menunjukan, tahun anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten Malaka membangun delapan paket jalan.
Dua diantaranya adalah peningkatan jalan Biuduhok-Wekeke (hotmiks) sepanjang 7 kilometer dengan dana Rp 21 M dan kelanjutan pekerjaan ruas jalan Weliman-Biudukfoho segmen 1 sepanjang 5, 6 kilometer dengan dana Rp 14 M serta segmen 2 sepanjang 3,5 kilometer dengan dana Rp 9 M.

Sumber:

Komentar