EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

SUROSASementara Dikerjakan, Jembatan Su’a Putus



Jembatan penghubung Kecamatan Pantai Baru dan Kecamatan Rote Timur yang sementara dikerjakan PT Putra Nanggroe Aceh KSO dengan PT Gabriel Gabriela Jaya putus. Proyek APBN tahun anggaran 2018 dengan nilai kontrak Rp 5.921.200.000 itu putus akibat diterjang banjir.
Proyek tersebut mulai dikerjakan, 27 Maret 2018 selama 240 hari kalender dengan masa pemeliharaan 360 hari kalender itu belum selesai dikerjakan.
Hujan yang mengguyur Kabupaten Rote Ndao beberapa hari terakhir, mengakibatkan ruas jalan dan jembatan putus.
Pengawas pelaksana proyek pekerjaan jembatan Sua, Rofus kepada Timor Express, Jumat (30/11) mengatakan, hujan deras yang turun mengakibatkan jalan dan jembatan putus. “Kami sementara upayakan agar jalan tersebut diperbaiki agar jalur lalu lintas tetap berjalan. Apa pun kendalanya jembatan ini harus cepat selesai,” ungkapnya.
Ia mengaku tidak mengetahui progres pekerjaan jembatan, karena terjadi perubahan desain. “Saya belum tahu sudah selesai berapa persen. Desain awal pancangan, sedangkan RAB perubahannya sumuran dan sesuai scedul berakhir Desember. Tetapi alam terus turun hujan, maka kami tidak bisa memprediksi kekurangan tenaga kerja. Pendropingan material juga menjadi kendala kami,” ungkap Rofus.
Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Mel Benu mengaku, pekerjaan jembatan Sua sudah 60 persen. Ia optimistis, pekerjaan selesai sebelum 31 Desember.
Ditanya terkait pendropingan material, ia mengaku sudah carter kapal untuk mengangkut material. “Jadi material tidak jadi masalah. 31 Desember itu mungkin paling telat. Kami optimistis pekerjaannya selesai,” ungkapnya.
Sementara itu, Eka, salah seorang warga yang melintas di ruas jalan tersebut mengatakan, masyarakat berharap agar pekerjaan cepat selesai, karena merupakan nadi masyarakat dua kecamatan. Sebab, tidak ada jalan alternatif lain yang bisa menghubungkan dua kecamatan. “Pekerjaannya seperti ini kami sangat  kecewa karena arus tranportasi macet, maka semua faktor akan terganggu. Jadi kami berharap agar jembatan ini cepat selesai,” ungkapnya.
Sumber:

Komentar