EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Wilayah NTT Butuh 4.000 Embung

IRUP -‎ Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi menjadi irup pada apel Hari Bakti PU ke-73 di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Senin (3/12/2018).  


"Sampai saat ini NTT membutuhkan 4000 Embung untuk menampung air ketika musim hujan. Upaya ini untuk mengatasi kekurangan air di musim kemarau,".

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR NTT, Ir. Andre W Koreh, M.T di sela-sela apel peringatan Hari Bakti PU ke-73 tahun 2018 di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Senin (3/12/2018)

‎Menurut Andre, NTT membutuhkan 4000 Embung untuk menampung air, saat musim hujan.
"Kita mengalami defisit air baku setiap tahun sekitar 1,8 M, tapi ada juga kelimpahan air saat di musim hujan‎, artinya kita harus bendung saat musim hujan dan ini artinya kita butuh banyak embung ‎," kata Andre.

Dijelaskan, sesuai analisis kebutuhan bendungan di NTT, maka selayaknya NTT masih membutuhkan 4000 embung "Artinya juga bahwa dengan embung itu, kita harus menampung air hujan ketika kita mengalami surplus air. Air itulah yang‎ kita gunakan ketika musim kemarau atau kita alami kekurangan air," katanya.


Dikatakan, NTT juga membutuhkan 70 bendungan dan saat ini NTT baru mau membangun 7 bendungan, bahkan dalam perencanaan 10 bendungan.

"Kita baru mau bangun tujuh bndungan, bahkan mau 10 bendungan.‎ Kita harus menampung air itu, ketika kita kelimpahan air untuk digunakan saat musim kekurangan air," ujarnya.

Sumber:


Komentar