EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Ini Alternatif Jika Bendungan Kolhua tak Dapat Dibangun

Bendungan Rotiklot


Rencana pembangunan Bendungan Kolhua di Kota Kupang oleh pemerintah pusat masih mengalami kendala. Antara masyarakat dan pemerintah belum menemukan titik terang.

Namun, rencana bendungan yang hadir atas permintaan mantan gubernur Frans Lebu Raya itu masih tetap diperjuangkan pemerintah pusat.

"Program itu tetap ada berdasarkan permohonan pemerintah dahulu. Tetapi alternatif selalu ada, dengan catatan kalau kemudian hari bisa dilakukan, tetap kita jalankan," kata Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II), Agus Sosiawan,  di ruang kerjanya, Selasa (19/2/2019).

Hal ini lebih baik, kata Agus, dari pada pihaknya menunggu dan pada akhirnya tanpa hasil.
"Kemudian, kami bikin satu studi kelayakan di Kabupaten Belu. Tahun ini kami sudah lakukan tender di Kabupaten Belu, wilayah Wailikis. Sehingga harapan bupati dan masyarakat di sana tentang ketersediaan air bisa mudah-mudahan terwujud," ungkapnya.

Mengenai permintaan masyarakat Sumba yang menginginkan dibangunnya sebuah bendungan di pulau terindah itu, Agus mengatakan ada beberapa hal yang menjadi kendala.

"Keinginan boleh saja ada. Namun dari sisi teknis, kita kaji apakah layak atau tidak. Kalau air ditampung bisa beresiko. Di Sumba banyak tanah berongga dan lolos air. Karena itu, bisa diantisipasi dengan membangun embung, bukan bendungan," jelasnya.



Sumber:
http://kupang.tribunnews.com/2019/02/19/ini-alternatif-jika-bendungan-kolhua-tak-dapat-dibangun

Komentar