EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Ini Pendapat Ketua Kadin NTT Tentang Pembangunan Infrastruktur

Paul Liyanto



Ketua  Kamar Dagang Industri (KADIN) Provinsi NTT, Ir. Abraham Paul Liyanto mengatakan, membangun infrastruktur di NTT sebaiknya dimulai dengan perencanaan tata ruang yang matang dan digali dari potensi daerah.

"Juga disesuaikan dengan skala prioritas kebutuhan yang bisa diangkat atau dijual dari daerah tersebut sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," kata Paul Liyanto.

Menurutnya dengan memperhatikan potensi masing-masing daerah maka pembangunan infrastruktur tidak akan mubazir.

Dia mencontohkan kalau daerah berpotensi kelautan dan perikanan maka infrastruktur yang dibutuhkan yakni dermaga, jety dan listrik untuk cool storage.

Kalau daerahnya berpotensi pertanian yang besar maka infrastruktur yang dibutuhkan selain jalan dan jembatan untuk membuka isolasi, diperlukan embung dan bendungan, irigasi dan gudang penampungan.

Anggota DPD RI asal NTT ini menegaskan, instrastruktur dasar yang harus dibangun merata di semua daerah di NTT, yaitu sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan yang berkualitas dan pelayanan kesehatan yang bagus.

"Tanpa SDM kesehatan yang berkualitas maka produktivitas tidak akan ada. Kita kaya SDA tapi miskin SDM dan infrastruktur," sebutnya.

Sumber:

Komentar