EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Butuh Anggaran Rp 11 M untuk Perbaiki Jalan Dalam Kota Ende

Para Pekerja Sedang Mengerjakan Ruas Jalan W.J Johanes, Ende, Rabu (3172019).


Sejumlah ruas jalan dalam wilayah Kota Ende yang mengalami kerusakan kini mulai diperbaiki oleh Dinas PU Kabupaten Ende. Butuh anggaran Rp 11 miliar untuk memperbaiki ruas jalan yang ada.

Ruas Jalan tersebut yakni Jalan W.Z Johanes dan Jalan Melati, Jalan Diponigoro dan Patimura, Jalan Sam Ratulangi dan separuh ruas Jalan Garuda. Peningkatan jalan tersebut menelan dana dari APBD Kabupaten Ende Tahun Anggaran (TA) 2019 sebesar Rp 11 Miliar.

Kepala Dinas (Kadis) PU Kabupaten Ende, Ir. Frans Lewang mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com,Rabu (31/7/2019) ketika dikonfirmasi mengenai pelaksanaan perbaikan sejumlah ruas jalan dalam wilayah Kota Ende.

Ir. Frans Lewang mengatakan bahwa ruas jalan yang ada dalam wilayah Kota Ende saat memang sudah mengalami kerusakan baik sedang maupun berat sehingga dirasa perlu dilakukan perbaikan pada tahun anggaran 2019.

Dikatakan sesuai dengan rencana semestinya ruas jalan yang ada sudah dilakukan perbaikan pada tahun 2018 lalu namun belum bisa dilakukan karena saat itu tidak ada rekanan yang bersedia untuk melakukan perbaikan.

“Saat tahun 2018 gagal tender karena tidak ada rekanan yang berminat dan baru pada tahun 2019 ini baru bisa dikerjakan karena sudah ada rekanan yang mau mengerjakannya,”kata Frans Lewang.
Frans mengakui masih banyak ruas jalan dalam wilayah Kota Ende yang dalam kondisi rusak terutama ruas jalan lingkungan atau yang menuju ke permukiman warga namun demikian pihaknya belum bisa melakukan perbaikan secara menyeluruh karena mengingat keterbatasan dana yang dimiliki pemerintah.
“Saat ini kita prioritaskan ruas jalan yang memang banyak diakses warga terutama menuju ke sarana umum atau publik seperti ruas jalan W.J Johanes yang merupakan ruas jalan utama menuju ke RSUD Ende sehingga dirasa perlu dilakukan perbaikan karena memang kondisinya sudah cukup parah yang ditandai dengan banyaknya lubang dan terkadang ketika musim hujan sering terjadi genangan sehingga menyulitkan para pengguna jalan baik roda dua maupun empat,”kata Frans.

Frans mengatakan selain melakukan perbaikan atas ruas jalan pihaknya melalui rekanan juga akan melakukan perbaikan atas drainase yang juga sudah rusak
“Artinya pelaksanaan perbaikan jalan diikuti dengan perbaikan drainase sehingga dengan demikian ruas jalan bisa bertahan lama tidak terkikis oleh air hujan karena sudah ada drainase yang memadai,”kata Frans.

Terkait dengan pelaksanaan perbaikan ruas jalan yang ada Frans Lewang mengatakan selaku Kepala Dinas PU Kabupaten Ende pihaknya memohon maaf kepada masyarakat Kota Ende yang mungkin terganggu perjalanannya pada saat proses perbaikan jalan.

“Iya pada saat sedang dilakukan perbaikan terkadang dalam beberapa saat perjalanan warga terhenti karena para pekerja sedang melakukan pekerjaan memperbaiki jalan atas ketidaknyamanan tersebut kami minta maaf namun itu semua dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat juga,”kata Frans.

Frans mengatakan bahwa selaku Kadis PU dirinya tidak saja memerintah di balik meja atau hanya berada di kantor namun dirinya turun langsung memonitor pekerjaan jalan baik yang ada didalam wilayah Kota Ende maupun diluar Kota Ende.

Hal itu dilakukan semata-mata untuk memastikan mutu dari pekerjaan dan juga memberikan motifasi kepada para pekerja dan juga para staf yang berada di lapangan agar mereka lebih giat mengawasi pekerjaan sehingga pekerjaan yang dihasikan benar-benar berkualitas untuk kepentingan masyarakat.

Disaksikan Pos Kupang.Com, Kadis PU Frans Lewang bersama para staf dari Dinas PU Kabupaten Ende tampak memonitor proses pekerjaan di ruas Jalan W.J Johanes, Ende.

Sumber:

Komentar