EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Kondisi Jalan Propinsi Weetabula-Karuni Sumba Barat Daya Memprihatikan




Salah satu tiitik jalan Weetabula-Keruni, Sumba Barat Daya yang rusak. Nampak aspla tidak kelihatan lagi dan hanya jalan tanah.

Kondisi jalan raya propinsi ruas Weetabula, Kecamatan Kota Tambolaka menuju Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya memprihatikan.

Puluhan titik kerusakan jalan yang meninggalkan lubang menganga terdapat disepanjang jalan raya yang berjarak sekitar puluhan kilometer itu.

Kondisi itu menyebabkan masyarakat harus lebih berhati-hati agar tidak menimbulkan kecelakaan.

Keadaan itu semakin parah bila memasuki musim hujan mendatang.

Terkadang warga harus terkena percikan air akibat kendaraan sepeda motor masuk lubang juga percikan kendaraan mobil yang turun.

Sedang dimusim panas seperti sekarang selain warga harus harus lebih berhati-hati melintas jalan raya karena banyak jalan yang rusak juga terpaksa menghirup debuh beterbangan akibat ramainya lalu lintas kendaraan pada jalur tersebut.

Seperti disaksikan, Kamis (25/9/2019), kondisi jalan raya Weetabula-Keruni yang mencapai puluhan kilometer memprihatikan.

Disepanjang jalan tersebut terdapat puluhan titik jalan raya rusak, misalnya terdapat aspal terkelupas dan menyisahkan lubang menganga serta batu kerikil berserahkan di jalan raya.
Akibat lainnya menimbulkan debuh beterbangan kemana-kemana akibat ramainya arus lalu lintas kendaran pada ruas jalan tersebut.

Fransiskus Ama Ngongo dan David Leonard, dua warga Weetabula yang ditemui, Kamis (25/9/2019) mengatakan kondisi kerusakan jalan sudah berlangsung lama.

Pihaknya sudah berulang kali menyampaikan keluhan itu kepada anggota dewan yang mengadakan kunjungan kerja ke wilayah itu. Tetapi selalu mendapat jawaban jalan tersebut merupakan wewenang propinsi.

Karena itu, pihaknya meminta pemerintah Propinsi NTT segara memperbaikinya. Jangan dibiarkan saja begitu, kasihan kami.masyarakat Weetabula harus menghirup debuh setiap hari ketika melintas jalur itu.


Sumber:

Komentar