EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Pemerintah Kabupaten Alor Diminta Jangan Lengah Soal Ini


Debit air di sejumlah daerah Irigasi di Kabupaten Alor mengalami penurunan akibat dampak musim kemarau. Kondisi ini terjadi hampir di sejumlah wilayah pertanian di Alor.
Pantauan Pos Kupang, Jumat (15/9/2017) di salah satu daerah irigasi, yakni Irigasi Fanating yang terletak di Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, nampak debit airnya mulai menurun.
Kondisi ini mulai terjadi ketika memasuki musim kemarau seperti saat ini.
Akibatnya, ada pembagian di beberapa pintu juga ikut menurun.
Saluran irigasi ini untuk dialirkan ke sejumlah areal perkebunan di wilayah setempat.
Di beberapa titik, ada papan larangan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di saluran irigasi, tidak mencuci kendaraan bahkan dilarang membuat jembatan dari kayu di atas saluran irigasi.
Ketua DPRD Alor, Marthinus Alopada yang dikonfirmasi mengakui, setiap tahun, jika musim kemarau, maka ada sejumlah daerah irigasi yang airnya menurun.
"Salah satu itu di Daerah Irigasi Fanating, karena debit air menurun, maka untuk pengairan atau pembagian juga berkurang," kata Alopada.
Alopada meminta pemerintah jangan lengah, melainkan terus memantau dan mengambil langkah antisipasi, sebab dampak musim kemarau akan dirasakan warga terutama di daerah kepulauan.
Sumber:

Komentar