EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Dinas PUPR NTT Usul Bangun Jembatan Kembar Liliba

Kadis PUPR Provinsi NTT, Ir. Andre W Koreh, MT


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun jembatan kembar Liliba di Kota Kupang. Pembangunan jembatan kembar Liliba ini diusulkan karena sangat dibutuhkan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Kupang saat ini.

Usul membangun jembatan kembar Liliba ini disampaikan saat mengikuti Konferensi Regional (Konreg) Kementerian PUPR di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), dua pekan lalu. Konreg itu juga dihadiri Sekretaris Dinas PUPR NTT, Drs. Yohanis Toby serta beberapa pejabat PUPR lainnya.




"Ada tiga usulan program yang dibicarakan dalam konreg tersebut, yaitu usulan program yang bersifat baseline, yang bersifat stok program, dan ketiga bersifat diskresi. Jadi usul pembangunan jembatan kembar Liliba ini masuk dalam usulan program diskresi karena sesuai kebutuhan. Apalagi disain jembatan kembar Liliba itu sudah selesai," kata Kadis PUPR NTT, Ir. Andre W Koreh, MT kepada Pos-Kupang.Com, Kamis (15/3/2018).

Selain jembatan kembar Liliba, usulan program diskresi lainnya yang disampaikan dalam Konreg Kementerian PUPR di Banjarmasin adalah pembangunan jalan lintas selatan Timor dari Boking-Kolbano-Atambua sepanjang 9 kilometer, pembangunan jalan lintas utara Flores, pembangunan jalan lintas utara Sumba dan mengusulkan pembangunan Bendungan Kolhua di Kabupaten Kupang ditukar atau diganti dengan bendungan lain yaitu Waeliku di Kabupaten Belu.

"Khusus Bendungan Kolhua ini bukan program diskresi lagi tapi dia sudah masuk program strategis nasional. Namun karena selalu terhambat masalah lahan maka diusulkan diganti ke Kabupaten Belu. Surat Bapak Gubernur tentang usulan pergantian itu sudah ada," kata Andre.
Khusus untuk tugas pembantuan, demikian Andre, pihaknya mengusulkan dana Rp 40 miliar sampai Rp 50 miliar untuk operasi dan pemeliharaan (OP) irigasi.
"Untuk jalan dalam Kota Kupang, kami usul perbaiki drainase depan Dutalia, Jalan Untung Surapati Airnona," kata Andre.

Sumber:

Komentar