EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Menjelang Kedatangan Tamu IMF, Drainase Jalan Nasional Dibangun


Alat berat sedang menggali saluran drainase di Labuan Bajo

Menjelang kedatangan tamu IMF yang berlibur ke Labuan Bajo setelah pertemuan di Bali Oktober 2018 ini, saluran drainase pada ruas jalan nasional di Labuan Bajo mulai dibangun sejak dua pekan lalu.
Pantauan poskupang.com, pekerjaan saluran drainase dimulai dari depan dermaga feri. Hingga hari ini, Selasa (3/4/2018) pekerjaan itu sudah masuk di Pertigaan Pede.
Tahapan pekerjaan, baru menggali saluran menggunakan alat berat. Material galian dimuat oleh sejumlah kendaraan silih berganti.
Akibat pekerjaan itu, arus lalu lintas terganggu sehingga menyebabkan kemacetan. Kemacetan diperparah oleh ukuran badan jalan nasional yang sempit.
"Tentu harapannya, pekerjaan saluran drainase ini berkualitas. Bukan hanya sekedar untuk menyambut tamu bank dunia tetapi untuk masyarakat di Labuan Bajo," kata pengguna jalan itu, Berdianus Loin kepada poskupang.com, Selasa pagi.
Selain drainase, seperti yang diberitakan sebelumnya, menjelang kedatangan tamu IMF juga tempat jualan kuliner di Kampung Ujung Labuan Bajo, sudah dibongkar untuk ditata kembali.
Semua tenda jualan sudah tidak ada lagi. Sementara itu, para pekerja sibuk bekerja.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Ovan Adu, menyampaikan bahwa proyek kuliner Kampung Ujung itu ditangani langsung oleh Kementerian PUPR.
"Ditangani oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Jadi bukan oleh pariwisata," kata Ovan saat dikonfirmasi poskupang.com, Senin (2/4/2018).
Warga berharap agar penataan tempat kuliner Kampung Ujung harus memperhatikan juga areal parkir untuk kendaraan.
"Jangan hanya tempat kulinernya saja yang ditata tetapi areal parkirnya juga harus disiapkan. Selama ini kendaraan pengunjung parkir bebas di jalan umum sehingga jalan menjadi sempit. Itu juga menjadi penyebab di lokasi itu arus lalu lintas selalu terhambat, khususnya pada malam hari," kata Irwandi.
Untuk diketahui, Kuliner Kampung Ujung selama ini menjadi spot wisata kuliner dengan letaknya yang strategis karena berada tepat di pinggir pantai. Namun ketiadaan areal parkir masih menjadi kendala serius.

Sumber:


Komentar