EDARAN LIBUR PASKAH TAHUN 2024

Pemkab Sumba Timur Usulkan Jalan Waingapu-Mondu Jadi Ruas Jalan Strategis Nasional

Ruas jalan Waingapu-Kanatang terlihat badan jalan rusak. 



Pemerintah Daerah (Pemda) Sunba Timur, Sumba, Propinsi NTT mengusulkan agar ruas jalan Pantai Utara (Pantura) Waingapu-Mondu di Kabupaten Sumba Timur menjadi ruas jalan strategis Nasional.
Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sumba Timur, Julius Ngeju, ST melalui Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Sumba Timur, Christofel M U Pat, Minggu (30/9/2018).

Christofel mengatakan ruas jalan tersebut adalah kewenangan Kabupaten Sumba Timur, namun Pemda Sumba Timur sudah mengusulkan agar ruas jalan tersebut menjadi ruas jalan strategis nasional, karena ruas jalan itu merupakan jalur Pantura yang menghubungkan empat Kabupaten di daratan Pulau Sumba yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Christofel juga menjelaskan, kalau melihat surat keputusan bersama antara Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan RI, seharusnya ruas jalan dari Waingapu kepelabuhan ASDP Kanatang merupakan jalan jalan Nasional.

"Namun sampai dengan saat ini belum ada ketetapan, walaupun sudah diusulkan sejak tahun 2015 yang berkaitan dengan Penyusunan Renstra Kementerian PUPR," kata Christofel.
Christofel juga mengatakan, harapan Pemda Sumba Timur semoga pada tahun 2019 sampai 2023 ini bisa masuk dalam Renstra Kementerian PUPR.

Sumber:

Komentar